ofice space jakarta
KOMPAS.com – Salah satu cara yang banyak menjadi pilihan perempuan untuk menyeimbangkan peran antara karier dan rumah tangga adalah dengan melakukan pekerjaan dari rumah. Keuntungan yang bisa didapat antara lain waktu kerja yang lebih fleksibel, dan kedekatan dengan keluarga. Kekurangannya, salah satunya adalah kurangnya tekanan atau tantangan profesionalitas yang kerap dihadapi di kantor. Padahal, meskipun Anda dapat mengatur waktu kerja sendiri, Anda harus tetap fokus sepanjang hari untuk menepati tenggat waktu. Agar sukses bekerja di rumah, ini yang harus Anda lakukan:

1. Membuat batas wilayah
Saat bekerja di rumah, buat batas-batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Hal ini sangat penting untuk membantu Anda lebih konsentrasi saat melakukan pekerjaan. Jika memungkinkan, cobalah untuk membuat sebuah ruang kerja khusus untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan. Batas-batas tersebut tidak hanya akan membantu Anda lebih produktif bekerja, tetapi juga akan membantu Anda untuk bersantai setelah “jam kantor” Anda berakhir.

2. Manfaatkan sebaik-baiknya waktu kerja Anda
Sekalipun bekerja di rumah, bukan berarti Anda bisa bekerja seenaknya. Buat jam kerja yang pasti, meskipun jam-jam bekerja Anda tersebut tidak harus pukul 09.00-17.00, kecuali jika jadwal pekerjaan Anda ditentukan oleh klien atau bos Anda. Kebanyakan orang memiliki waktu sendiri yang membuat dirinya paling produktif dan lebih fokus bekerja. Pelajari jam produktif Anda, dan pastikan Anda menggunakan jam tersebut dengan maksimal.

3. Hargai waktu kerja Anda
Bila Anda bekerja di kantor, keluarga dan teman-teman Anda secara otomatis mengetahui jadwal kerja Anda. Namun, ketika Anda bekerja di rumah, teman dan keluarga seringkali menganggap Anda tidak sedang sibuk, lalu “mengganggu” Anda di saat-saat tertentu, misalnya meminta Anda untuk mengurus tugas-tugas di rumah tangga seperti menunggu tukang servis AC, atau berbelanja beberapa bahan kebutuhan rumah tangga. Sebaiknya selesaikan dulu semua pekerjaan rumah Anda sebelum mulai bekerja profesional. Ingatlah, hanya karena Anda bekerja dari rumah, bukan berarti pekerjaan atau jam kerja Anda bisa dilanggar seenaknya.

4. Hindari jejaring sosial
Terkadang Anda kesulitan untuk fokus pada pekerjaan karena Anda bekerja sembari bermain-main dengan jejaring sosial atau browsing toko online. Hal ini disebut sebagai gangguan teknologi, karena bisa membuat Anda terlena sejenak dan justru asik mengutak-atik jejaring sosial ketimbang pekerjaan Anda. Sebaiknya, jika pekerjaan Anda memang tidak berhubungan dengan semua hal tersebut, tunda dulu membuka-buka jejaring sosial agar pekerjaan Anda cepat selesai.

5. Buat jadwal untuk esok hari
Sebelum menyudahi jam kerja, ambillah beberapa menit waktu Anda untuk membuat daftar tugas untuk hari selanjutnya. Membuat daftar pekerjaan esok hari akan membantu Anda untuk membuat prioritas tugas berikutnya, dan membantu mengirimkan sinyal ke otak Anda yang menandakan sudah saatnya beralih ke waktu pibadi sehingga bisa menikmati waktu bersama teman dan keluarga di luar jam kerja.

6. Luangkan waktu untuk beristirahat
Anda tidak bisa terus-menerus menatap komputer selama berjam-jam, baik di rumah atau di kantor. Ketika Anda duduk di satu tempat selama berjam-jam, tubuh menjadi lelah dan Anda tidak akan fokus lagi pada pekerjaan. Jangan lupa untuk mengambil waktu istirahat, karena akan membuat Anda kembali segar dan siap untuk bekerja kembali. Dengan beristirahat, Anda tidak hanya akan menjadi lebih fokus, santai dan bahagia, tapi juga lebih produktif dalam bekerja. – ofice space jakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s