sepatu sport pria keren

JAKARTA, Kompas.com – Kapten timnas sepakbola senior Indonesia, Firman Utina menyarankan bila anak sudah berminat menjadi pemain di sepakbola hendaknya harus didukung dengan cerdas.

Menurut Firman, tanpa dukungan yang maksimal, potensi si anak juga tidak akan maskimal tergali. “Dukungan itu bisa dari orang tua berupa materi, serta dari pelatih berupa pengetahuan yang memadai tentang ilmu sepakbola.

Hal ini diungkap Firman Utina saat memberi pembekalan kepada 9 pemain yang terpilih melalui kompetisi sepak bola antar Sekolah Dasar MILO Football Championship di lapangan Bea Cukai, Jakarta TImur, Kamis (6/8/2015).

Menurut Firman, hal ini terlihat dari hal-hal yang kecil seperti misalnya perlengkapan latihan dan pertandingan. “Seringkali orang tua membelikan anaknya sepatu yang lebih besar satu nomor dengan alasan biar awet,” kata Firman. “Biasanya pelatih pun tidak menolak hal ini.”

“Padahal sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki si anak akan membuat kemampuannya tidak keluar saat berlatih atau bertanding. Misalnya dengan ukuran sepatu yang lebih besar satu nomor, tenaga kakinya saat menendang bola juga tidak maksimal,” lanjut Firman.

Ia juga menyayangkan pelatih yang tidak memberi masukan kepada orang tua tentang hal sepele ini. “Bisa karena tidak enak, bisa juga karena dia memang tidak tahu.”

Firman juga menyarankan orang tua memperhatikan asupan buat anak sejak dini. “Sebagai pemain tentunya harus ada asupan ekstra buat anak. Tambahan buat yang sehari-hari.”

Sementara buat anak yang sudah memilih menjadi pemain sepakbola, Firman menyarankan jangan tanggung-tanggung dan harus memanfaatkan semua kesempatan yang ada.

“Seperti kesempatan yang didapat oleh Evan Dimas untuk berlatih di klub Spanyol. Buat saya, apabila kesempatan dan peluang terbuka, mengapa harus ditolak? Ambil saja, dari situ kesempatan kan akan terbuka lebih luas.” – sepatu sport pria keren

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s