harga kursi laboratorium

KOMPAS.com – Mengaplikasikan cat kuku merupakan salah satu cara yang dilakukan para wanita untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan. Anda pun tidak perlu repot ke salon atau gerai kecantikan khusus kuku, sebab mengaplikasikan cat kuku dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, ada langkah yang sering terlewat, yakni mengaplikasikan base coat sebelum memulas cat kuku.

Menurut pakar seni cat kuku Patti Yankee, Anda seharusnya tidak lupa untuk mengaplikasikan base coat. “Sama seperti membangun rumah, Anda harus memulainya dengan fondasi yang baik. Base coat adalah fondasi untuk manikur dan aplikasi cat kuku agar tahan lama,” jelas Yankee.

Nah, apa saja sebenarnya manfaat mengaplikasikan base coat sebelum mengaplikasin cat kuku?

Pertama, base coat akan membuat cat kuku Anda tahan lama dan tidak mudah terkelupas. Menurut dr Heidi Waldorf, direktur dermatologi laser dan kosmetik di Mount Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat, base coat mengandung bahan serupa plastik yang fleksibel dan bahan kimia selulosa yang memberikan efek melekat.

“Bahan-bahan ini akan melekat pada kuku dan cat kuku untuk membuat lebih bertahan lama. Selain itu, base coat juga memberikan cukup fleksibilitas untuk bergerak dengan kuku ketika kuku mulai panjang. Tanpa base coat, permukaan elastis pigmen akan tidak kuat menahan cat kuku yang terkelupas,” jelas Waldorf.

Selain itu, base coat juga melindungi kuku dari noda kekuningan akibat cat kuku. Noda pada kuku, tutur Waldorf, terjadi karena reaksi kimia antara zat-zat yang terkandung pada produk cat kuku dengan lapisan permukaan kuku. Sehingga, menggunakan base coat sama saja seperti memberi pertahanan pada kuku. “Base coat memberikan lapisan pelindung antara kuku dan pigmen,” lanjutnya.

Menurut Jin Soon Choi, pendiri JINsoon Naik Lacquer Line, perlu diperhatikan bahwa produk cat kuku berwarna neon yang cerah akan memberikan noda yang lebih terlihat ketimbang warna lain. “Neon tidak gelap, namun karena zat pewarna yang berpendar, produk cat kuku ini lebih meninggalkan noda ketimbang cat kuku biasa,” ungkap dia.

Meskipun demikian, Anda pun perlu memperhatikan produk base coat secara cermat. Menurut Yankee, sebaiknya Anda tidak menggunakan produk base coat yang menyatakan dapat membuat kuku lebih keras dan kuat. Pasalnya, bahan-bahan yang terkandung dalam produk base coat ini malah menimbulkan beragam masalah bagi kuku Anda.

“Produk base coat seperti ini biasanya mengandung kadar formaldehyde yang tinggi. Secara temporer memang akan membuat kuku Anda lebih keras, namun kemudian kuku Anda akan rapuh dan mudah retak serta rentan pecah karena kuku menjadi terlalu keras,” tutur Yankee. – harga kursi laboratorium

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s