harga kursi laboratorium
KOMPAS.com – Banyak bahan-bahan pembersih yang kita gunakan terbuat dari zat-zat kimia buatan yang kadang tanpa kita sadari membuat tubuh alergi sekaligus merusak lingkungan. Satu buah perkasa, lemon, bisa membantu kita mengatasi noda-noda membandel pada pakaian. Apa saja yang bisa dibersihkan oleh enzim asam kuat dari lemon?

Pengganti pemutih baju
Asam pada lemon bisa melerai noda yang menempel pada baju hingga membantu menjaga pakaian berada pada warna tercerahnya. Ketimbang menggunakan pemutih baju yang cukup keras, coba campurkan lemon pada cairan pencuci baju Anda.

Tambahkan 1 cangkir perasan lemon ke dalam rendaman pakaian yang sudah diberikan deterjen. Anggap saja cairan lemon itu sebagai alternatif dari pemutih pakaian karena baik pula digunakan untuk pakaian berwarna putih, begitu pun aman pada pakaian berwarna karena tidak membuat “bladus”. Aromanya pun tidak sekeras pemutih.

Menghilangkan bekas karat
Pemutih bisa membantu menghilangkan noda bekas cokelat, saus tomat, dan kopi dari pakaian putih, tetapi tidak untuk noda bekas karat. Jika Anda mencoba mencuci noda bekas karat yang menempel pada pakaian putih, Anda akan melihat bahwa noda itu malah menempel dan permanen. Yang bisa mengusirnya? Lemon, tentunya! Berikut caranya;

Pertama, rebus air dalam teko, basahkan area yang terkena noda karat dengan air perasan lemon, lalu uapi di atas teko mendidih selama beberapa saat. Uap air mendidih bisa sangat panas, jadi berhati-hatilah, jangan sampai membahayakan diri Anda. Kemudian cuci bagian tersebut menggunakan deterjen seperti biasa. Seharusnya noda karat tadi akan menghilang.

Menghilangkan noda bekas jus
Pelukan dari si kecil menyisakan noda jus pada baju kesayangan Anda? Tak masalah, cuci baju menggunakan campuran air perasan lemon. Campurkan 1/3 cangkir air perasan lemon dengan 2/3 air putih. Rendam noda dalam campuran ini selama beberapa saat, lalu cuci baju seperti biasa.

Noda membandel
Untuk noda-noda yang amat sulit pada pakaian, seperti jamur, bisa diatasi dengan pasta dari lemon. Caranya, buat pasta dari air perasan lemon dan garam. Peras lemon pada mangkuk kecil, lalu tambahkan garam secukupnya, aduk, hingga menjadi pasta. Aplikasikan pada noda pakaian, biarkan mengering di bawah sinar matahari, lalu cuci seperti biasa.

Mengilapkan sepatu
Sepatu dari bahan kulit dan boots sempat tenar di masa Perang Dunia dan Perang Dunia II. Para pria militer kala itu menggunakan sepatu boots sebagai bagian dari seragam, dan harus menjaganya tetap mengilap apalagi jika akan bertemu atasannya. Sekarang-sekarang ini, sepatu dari bahan kulit dan boots digunakan sebagai bagian dari gaya. Untuk membersihkan noda pada sepatu dan membuatnya mengikap, Anda bisa coba gunakan air perasan lemon. Peras lemon pada mangkuk, lalu celupkan kain perca pada perasan tersebut, kemudian gunakan untuk mengelap noda yang mengeras pada sepatu. – harga kursi laboratorium

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s