lemari asam murah
WONOSOBO, MINGGU – Jamu asam urat cap “Kijang Mas” yang beredar di Kabupaten wonosobo, Jawa Tengah, berdasarkan uji laboratorium diduga mengandung bahan kimia obat, yang dapat menimbulkan efek samping penggunanya.

“Masyarakat perlu mewaspadai jamu tradisional karena jamu cap ’Kijang Mas’ menimbulkan efek samping terhadap 28 warga Desa Klepu, Kecamatan Watumalang, yang mengonsumsinya,” kata Kepala Dinas Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial (DKKS) Kabupaten Wonosobo, Azri Budi Krisnamurti, di Wonosobo, Minggu (14/9).

Sebelumnya, DKKS Wonosobo telah melaporkan temuan jamu tradisional, yang diduga berbahaya tersebut ke Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang. BBPOM menindaklanjuti dengan menyita 11.514 kemasan jamu cap “Kijang Mas”, yang terdiri dari 50 jenis jamu dari toko jamu di kawasan Kertek, Wonosobo untuk diteliti.

Menurut dia, hingga kini belum diketahui dari mana jamu itu diproduksi karena dalam kemasan tidak dicantumkan kota asal jamu dan nomor registrasi kesehatan juga dipalsukan. “Hasil uji BBPOM Semarang menunjukkan jamu tersebut positif mengandung bahan kimia obat (BKO),” katanya.

Kasubdin Pengamatan dan Pencegahan Penyakit (P2P) DKKS Wonosobo, Djunaedi mengatakan, kandungan bahan alami jamu itu tidak berbahaya, tetapi produsen mencampurkan tiga bahan kimia obat, seperti parasetamol (obat penurun panas) dengan “fenil butason” dan “piroxicam” yang bersifat “rhematoid” (menghilangkan pegel linu).

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-210346665559669319-411’); });

Advertisment
“Padahal baik jumlah maupun takaran kandungan obat tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan sehingga menyebabkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan,” katanya.

Menurut dia, jika jamu tersebut dikonsumsi dalam waktu lama, campuran tiga obat tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, lever, dan jantung.

Ia mengimbau warga Wonosobo agar tidak mudah terpengaruh efek cepat setelah mengonsumsi jamu tradisional. Umumnya konsumen merasa badan terasa enak setelah meminum jamu. Namun pada hari berikutnya reaksi kimia obat mulai bekerja.

Pada dasarnya, bahan jamu tradisional hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. “Tetapi bila dikonsumsi, tiba-tiba bisa menghilangkan suatu penyakit maka jamu itu patut dicurigai mengandung bahan kimia obat,” katanya. – lemari asam murah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s